BENDERA MERAH PUTIH PRODUKSI IBU-IBU WARGA TAMANJEKA.

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter

Dusun Ratalemba (Tamanjeka) Desa Masani Kec. Poso Pesisir yang sempat menyandang tempat paling berbahaya di Kab. Poso, pasalnya kelompok teroris Santoso dan kelompoknya meninggalkan “jejak aksi kejahatan” di Tamanjeka yang terletak di salah satu lereng Pegunungan Biru di Kab. Poso.


Enam anggota kelompok teroris Santoso disebut juga berasal dari Tamanjeka. Sejumlah warga juga terindikasi menjadi simpatisan kelompok Santoso, termasuk warga masyarakat lainnya yang terkenal sangat tertutup dengan pemerintah setempat. Maka dari itu Tamanjeka oleh aparat keamanan ditetapkan sebagai "zona merah" karena pernah menjadi basis kelompok dan simpatisan Santoso.

Melalui pendekatan kemasyarakatan sebagai program "Deradikalisasi" yang dilakukan oleh TNI melalui Kodim 1307/Poso dan Satgas Opster TNI, seiring waktu Dusun Tamanjeka kini telah berubah, sorot mata warga yang tajam kini tak terlihat lagi apabila melihat pendatang baru berganti dengan senyum yang ramah tamah, nampak sebuah usaha Pelatihan menjahit ibu-ibu PKK Binaan Kodim 1307/Poso telah didirikan untuk membantu perekonomian warga masyarakat Tamanjeka yang beranggotakan istri-istri mantan DPO. ”kami sangat berterima kasih Pak, dengan kegiatan menjahit ini warga kami punya penghasilan tambahan”  kata Kepala Dusun Tamanjeka Bapak Muh. Sambara saat berbincang dengan Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Muh. Saleh Mustafa selaku Dansatgas Opster TNI Sintuwu Maroso dalam kunjungannya ke Dusun tersebut dalam rangka pembukaan/peresmian TK Paud Almarhammah dan TPQ Alhuswah Ratalemba di Dsn. Tamanjeka yang diperuntukkan guna menampung dan mendidik anak-anak yang ada di dusun tersebut.


Dalam kunjungan ini Danrem didampingi Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 132 PD XII/Mdk, Dandim 1307/Poso, dan Bunda Kembar Paud, dalam suasana keakraban dan penuh canda dan tawa Danrem sempat memesan 100 buah Bendera Merah Putih kepada ibu-ibu PKK untuk dipasang dirumah-rumah warga dusun Tamanjeka dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2017 nanti. Hal ini menunjukkan bahwa saat ini Dusun Tamanjeka "sudah berubah" atau dengan kata lain Tamanjeka bukanlah “Sarang Teroris”  Tamanjeka telah kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi dalam bingkai NKRI. (TFN/VMA)

About the author

author
KOREM132TADULAKORealase at

0 komentar

Comment Now